ssjemm

Pekanbaru (Kabarinhil.com). Tim pemenangan Calon Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Riau, H. Jon Erizal dan H.R. Mambang Mit (JE-MM) terkejut ketika mendengar ditemukannya surat suara Pemilukada Gubernur Riau 2013 tanpa gambar pasangan JE-MM Nomor Urut 5. ‘’Kami terkejut kok hal ini bisa terjadi,’’ kata H. Fendri Jaswir, wakil sekretaris tim pemenagan JE-MM kepada wartawan, Selasa  (13/8) malam.

Logikanya, menurut Fendri, sebuah barang cetakan sebelum dicetak pasti dicek dulu apakah sudah benar atau belum. Kemudian baru dibuat platnya, dan selanjutnya dicetak. ‘’Jadi, lucu juga, kok bisa gambar satu pasangan hilang,’’ katanya tak habis pikir.

Dikatakan, setelah barang dicetak, kemudian disortir dulu dipercetakan. Baru kemudian dikirim ke daerah. Pengirimannya pun ditujunkan ke KPU Provinsi Riau karena KPU Riau yang menenderkan ke perusahaan di Bandung. ‘’Bisa saja langsung ke kabupaten/kota, asal petugas KPU Riau telah mencek kebenaran surat suara tersebut,’’ ujarnya.

Fendri tak ingin berspekulasi dulu soal tersebut. Dia meminta Bawaslu Riau dan Bawaslu kabupaten/kota untuk mengecek semua surat suara yang sudah didistribusikan ke KPU kabupaten/kota. ‘’Apa yang ditemukan di KPU Bengkalis, bisa jadi juga ditemukan di KPU yang lain,’’ katanya.

Fendri meminta KPU Riau untuk menarik semua surat suara yang ditemukan salah tersebut. KPU Riau juga diminta untuk mencek ke semua KPU kabupaten/kota. ‘’Kita berharap KPU Riau bekerja lebih professional sehingga tidak menimbulkan kerugian dari pasangan calon,’’ pintanya. ***